Sabtu, 01 Desember 2012

Ponsel Android dari Nokia

Nokia Siap-siap Bangun Ponsel Android?

Nokia Siap-siap Bangun Ponsel Android?


Liputan6.com, Jakarta: Nokia dikabarkan akan terjun ke pasar ponsel berbasis Android. Kabar ini beredar lantaran iklan lowongan kerja yang diposting Nokia di situs LinkedIn.

Iklan lowongan kerja ini menunjukkan Nokia akan serius mengembangkan ponsel berbasis Android. Di situ tertulis bahwa Nokia sedang mencari seorang pakar di bidang perangkat mobile dan software untuk Linux, yang merupakan inti dari Android.

Dalam iklan tersebut disebutkan bahwa Nokia mencari "Software Engineer Principal" untuk mengembangkan "Embedded Linux Middleware". Karyawan baru tersebut nantinya akan bekerja di lingkungan start-up dan mengembangkan teknologi ponsel dan produk baru yang menarik.

Spekulasi lain yang beredar menyebutkan bahwa karyawan tersebut akan bertugas membenamkan aplikasi peta Nokia Drive ke platform Android. Demikian dilansir laman Trustedreviews, Sabtu (02/12/2012).

Seperti diketahui, beberapa tahun ini Nokia fokus pada smartphone berplatform Windows Phone. Mulai dari Windows Phone 7 untuk Nokia Lumia 800 hingga Windows Phone 8 untuk Nokia Lumia 920. Nokia disebut-sebut akan mengeluarkan ponsel berbasis Android untuk memperkuat kembali posisinya di pasar smartphone.

Saat ini pasar smartphone secara global memang sudah didominasi oleh platform iOS Apple dan Google Android. Nokia bahkan pernah disarankan untuk terjun ke Android seperti halnya Samsung Galaxy S3 dan HTC One X.

Sebelumnya Nokia pernah membuat OS sendiri yang berbasis Linux dengan nama kode Meltemi, namun harus dihentikan pengembangannya karena terbatasnya anggaran. (dew)
sumber: http://tekno.liputan6.com/read/462193/nokia-siap-siap-bangun-ponsel-android

Tidak ada komentar:

Posting Komentar